Tipe Dan Harga Aki Motor Honda BeAT Semua Tipe Dan Tahun | Katalog Spek Aki Motor Terlengkap



    Katalogaki.com - Motor skutik alias skuter matic dari pabrikan Astra Honda Motor ini memang paling populer di Indonesia.

Honda BeAT pertama kali mengaspal pada tahun 2008 setelah motor bebek Honda kalah pamor oleh Yamaha Mio.

BeAT kemudian mulai mengungguli pesaingnya tersebut dan mematahkan stigma boros bensin yang erat pada motor matic yang tentunya kala itu melekat pada Mio.

BeAT menggunakan tipe aki yang sama sejak generasi pertama hingga saat ini, mulai dari letak aki dibawah jok kemudi sampai dibawah kaki kemudi.

Aki memang menjadi faktor yang sangat penting bagi semua motor matic, jika aki mati terpaksa harus menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin, mau tak mau harus memakai standar dua dimana hal ini sangat merepotkan terutama untuk wanita.

Apalagi pada motor matic yang sudah injeksi, baterai/aki yang tekor juga akan menimbulkan pembakaran bahan bakar jadi tidak maksimal, alhasil motor jadi kurang tenaga.

Untuk itu aki yang bugar menjadi hal yang sebaiknya dimiliki oleh kendaraan bermotor khususnya motor matic.

Jika aki motor Anda mati dan bingung mencari tipe aki yang tepat untuk kendaraan anda sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu, pastikan Anda membeli aki motor yang tipe dan spesifikasinya sesuai.

Jika salah tipe, resiko terberatnya bisa menimbulkan kerusakan komponen kelistrikan motor, resiko lainya mungkin aki tidak bisa dipasang karena dimensinya terlalu besar dari wadah atau kompartemenya.

Cara termudah untuk mengganti aki adalah dengan pergi ke bengkel, namun jika Anda memutuskan untuk menggantinya sendiri demi menghemat biaya sebaiknya kenali tipe aki yang akan Anda beli.

Selain lebih menghemat biaya, mengganti aki sendiri tergolong pekerjaan yang cukup mudah dilakukan, tidak perlu banyak membongkar bagian kendaraan, cukup buka bagian penutup bagasi untuk BeAT tipe lama, atau buka tutup aki di bagian pijakan pengemudi untuk tipe BeAT injeksi.

Khusus tipe terakhir, membuka tutup aki mengharuskan kita melepas mur yang mengikat tutupnya.

Setelah tutup aki berhasil dibuka, langkah selanjutnya adalah membuka mur-baut pada masing masing terminal negatif (-) dan positif (+) aki.

sebaiknya lepas terminal negatifnya dulu untuk menghindari korsleting, pastikan juga mesin dalam keadaan mati dan kunci kontak dalam keadaan off.

Tipe dan spesifikasi aki Honda BeAT seperti yang sudah disinggung diatas adalah sama di semua seri, spesifikasi lebih detilnya:

Honda BeAT
Tahun kendaraan: 2008 - sekarang (semua tipe)
Tipe aki:

Standar: GTZ-4V, 12 V, 3 Ah
Upgrade: GTZ-5S, 12 V, 3,5 Ah

Tipe aki di atas juga bisa digunakan untuk seri BeAT lainya seperti BeAT Karburator Generasi pertama 2008 - 2010, BeAT Karbu Update Facelift 2010 - 2012, BeAT Injeksi PGMFI 2012 - 2014, BeAT Injeksi PGMFI + eSP 2014 - 2016, BeAT Update Facelift All New 2016.

Note:
- Klik pada tipe aki di atas untuk cek harga atau pembelian.
- GTZ adalah tipe aki yang dikeluarkan oleh GS-Astra dan mayoritas merk aki di Indonesia. Merk Yuasa memiliki tipe sendiri untuk varian yang sama yaitu YTZ, misal GTZ-5S dengan YTZ-5S. Yang berbeda adalah huruf depan. Pabrikan lain mungkin memiliki kode mereka sendiri.

Punya pertanyaan? Ajukan di kolom komentar di bawah.

Discussion