Tipe Dan Harga Aki Motor Kawasaki KLX 150 dan 250 Semua Tipe Dan Tahun | Katalog Spek Aki Motor Terlengkap


    Katalogaki.com - Kawasaki KLX memiliki tipe aki yang berbeda dari motor lainnya, biasanya aki motor KLX memiliki dimensi ukuran yang lebih tinggi daripada aki motor lainnya dengan tipe atau spesifikasi yang serupa. Sebagai contoh aki motor KLX 150 memiliki spesifikasi yang boleh dikatakan mirip dengan Satria FU namun Satria FU memiliki aki dengan dimensi yang lebih pendek daripada Kawasaki KLX 150. Untuk itu jika ingin melakukan penggantian sebaiknya kita mengetahui tipe aki yang pas untuk motor kita karena selain dimensinya yang berbeda bisa saja spesifikasi kelistrikan yang dihasilkan juga akan berbeda.

Selain itu harga untuk masing-masing tipe aki juga akan berbeda sebagai contoh aki motor Kawasaki KLX 150 di pasaran biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada aki Satria FU. Saat ini (awal 2020) harga aki Satria FU berkisar di angka 300 ribuan sedangkan aki motor KLX 150 berkisar di angka 600 sampai 700 ribuan.

Jika aki motor sudah tekor sebaiknya kita cepat melakukan penggantian untuk meminimalisir efek buruk yang akan timbul ke depannya seperti merusak komponen kelistrikan motor lainnya yang bisa saja biaya penggantian atau servicenya tidaklah murah. Aki kendaraan rusak biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor, yang paling sering adalah usia dan juga faktor pemakaian dari pengguna.

Aki kendaraan biasanya akan mulai menunjukkan tanda-tanda lemah di tahun kedua dan seterusnya jadi sebaiknya waspada jika menggunakan aki kendaraan lebih dari 2 tahun. Kebiasaan pengguna yang sering menstarter kendaraan secara berlebihan juga menjadi akar permasalahan aki menjadi cepat rusak alias rusak sebelum waktunya dimana kita singgung sebelumnya rata-rata berusia lebih dari 2 tahun.

Meskipun tipe aki KLX 150 tergolong berbeda daripada motor lainnya namun tidak memungkiri kita bisa melakukan subtitusi dengan menggunakan aki motor lainnya dalam kasus ini adalah aki Satria FU dengan tipe GTZ7S. Untuk mengaplikasikannya dibutuhkan pengganjal tambahan yang bisa dibuat melalui beberapa material seperti styrofoam atau gabus karena tinggi aki GTZ7S lebih pendek daripada aki bawaan Kawasaki klx150. Namun jika dirasa cara ini terlalu rumit dan juga kalian lebih memperhatikan faktor keselamatan maka sangat disarankan untuk mengganti aki sesuai dengan tipe standarnya.

Tipe dan spesifikasi aki Kawasaki KLX adalah sebagai berikut:

Kawasaki KLX 150 Standar/S/BF/BF SE/Extreme
Tahun kendaraan: 2009 - sekarang
Tipe aki standar: YTX7L-BS, 12 V, 6 Ampere hour (Yuasa)
Tipe aki subtitusi: GTZ-7S, 12 V, 6 Ampere hour (GS Astra).  Catatan: dibutuhkan ganjal tambahan.
Tipe aki upgrade: -

Kawasaki KLX 250 S/Final Edition
Tahun kendaraan: 2006 - sekarang
Tipe aki standar: YTZ-8V, 12 V, 7,4 Ampere hour (Yuasa) | GTZ-8V, 12 V, 7,4 Ampere hour (GS Astra).
Tipe aki upgrade: -

Note:
- Klik pada tipe aki di atas untuk cek harga atau pembelian.
- GTZ adalah tipe aki yang dikeluarkan oleh GS-Astra dan mayoritas merk aki di Indonesia. Merk Yuasa memiliki tipe sendiri untuk varian yang sama yaitu YTZ, misal GTZ-7V dengan YTZ-7V, yang berbeda adalah huruf depan. Pabrikan lain mungkin memiliki kode mereka sendiri.

Punya pertanyaan atau koreksi? Ajukan di kolom komentar di bawah.

Discussion (1)

  1. Pemikiran kritis telah ada selama berabad-abad. Faktanya, semua filsuf dan penyair dunia telah berhasil melihat melampaui apa yang tampak jelas, sehingga mereka dapat memahami makna yang lebih dalam dari berbagai hal dan fungsi dunia.

    ReplyDelete