GM5Z-3B (YB5L-B), AKI MOTOR TIPE LAWAS YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN


    Katalogaki.com - Sebagai baterai motor generasi lawas, GM5Z-3B (5 Ampere) mempunyai peranan penting. Baterai tipe ini menjadi jembatan era transisi aki basah ke aki kering (maintenance free) sebelum era aki kering mendominasi.

Bener banget, kamu bisa menemukan GM5Z-3B tipe basah dan juga tipe kering (maintenance free). Aki basah memang memerlukan perawatan ekstra, terutama jika posisi aki dekat dengan mesin. Namun jika dirawat dengan baik, aki basah juga tidak kalah bandelnya dari aki kering (maintenance free). Asal tidak kekeringan air aki, aki basah bisa awet bertahun-tahun.

Sedangkan aki kering (maintenance free) lebih cocok untuk pengguna yang tidak terlalu mengerti kendaraan, sibuk dan tidak sempat mengurus kendaraan sendiri. Karena aki tipe ini tidak memerlukan perawatan khusus, kalau kata orang bengkel tinggal pasang langsung bisa dipakai sampai akinya mati. Pengguna cukup memeriksa kondisi pole/kutub akinya saja, jika ada residu atau "jamur aki" cukup disiram dengan air mendidih dan dikeringkan. Meskipun hal ini lebih sering terjadi pada aki basah namun terkadang aki kering (maintenance free) juga mengalaminya.

Perbedaan aki GM5Z-3B kering dan basah lainnya

Selain perbedaan di atas, aki GM5Z-3B kering dan basah memiliki beberapa perbedaan lain. GM5Z-3B kering cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibanding aki basahnya, dengan catatan masih satu merek. Namun aki GM5Z-3B kering jauh lebih praktis saat pemasangan, sedangkan aki GM5Z-3B basah sebelum dipasang pada kendaraan harus diisi dengan air aki dan dicas terlebih dahulu.

Terus merk aki GM5Z-3B apa nih yang bagus?

Kalau berdasarkan pengalaman, aki GS dan YUASA sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Tapi belakangan aki dengan harga yang lebih murah juga tidak kalah bagus dan banyak peminatnya.

Sekedar tambahan saja, aki GM5Z-3B ini serupa dengan aki YB5L-B merk Yuasa.

List rekomendasi tempat pembelian aki GM5Z-3B


Punya pengalaman dengan aki tipe ini? Tulis di kolom komentar di bawah. Boleh request aki tipe serupa dengan merk lain juga.

Discussion