GTZ-5S (YTZ5-S), Aki Kering Bebas Perawatan Untuk Motor Karbu dan Injeksi Generasi Awal

 

    Katalogaki.com - Buat pengguna motor skutik injeksi generasi pertama dari Honda pasti hafal banget dengan aki mungil satu ini. Ini adalah aki upgrade yang biasa digunakan untuk mengganti aki standar (GTZ-4V) beberapa motor Honda seperti Vario 110, Honda beAT bahan di motor bebek Honda seperti Vario, dan Supra X 125.

Aki ini juga bisa dijumpai di motor Yamaha seperti pada Mio Soul, Mio GT FI, Xeon, Vixion, Byson, Jupiter Z1, dan lain sebagainya.

GTZ-5S (YTZ5-S) memang lazim digunakan untuk menggantikan tipe aki standar pada motor yang menggunakan aki bertipe GTZ-4V. Tipe aki GTZ-5S (YTZ5-S) dan GTZ-4V memiliki dimensi yang sama namun kapasitas GTZ-5S (YTZ5-S) lebih besar. GTZ-5S (YTZ5-S) memiliki kapasitas 3.5 Ah sedangkan GTZ-4V memiliki kapasitas 3 Ah.

Dengan begitu kita bisa mendapatkan kapasitas yang lebih besar dengan ukuran aki yang tetap sama, sehingga tidak perlu memodifikasi tempat aki. Kelebihan kapasitas tersebut bisa kita manfaatkan untuk menambah aksesori kelistrikan ringan seperti lampu tambahan atau menggunakan lampu dengan watt yang sedikit lebih tinggi.

Aki tipe ini merupakan aki kering alias bebas perawatan, jadi tidak memerlukan pengisian air aki selama masa pemakaian. Pengguna hanya perlu memastikan kutub aki tidak kotor, dan sebisa mungkin hindari panas berlebih karena dapat memperpendek usia baterai.

Aki tipe ini biasanya sudah siap pasang dan pakai, tidak perlu diisi air aki dan dicas terlebih dahulu. Namun pada merk-merk tertentu terutama yang tidak lazim (seperti GS abal-abal) harus memasukkan cairan aki ke dalam baterai sebelum proses pemasangan ke kendaraan.

Perbedaan GTZ-5S dan YTZ5-S

Antara GTZ-5S dan YTZ5-S sebenarnya tidak memiliki perbedaan baik secara spesifikasi, bentuk dan dimensi. Hanya kedua tipe baterai itu diproduksi oleh dua perusahaan yang berbeda. YTZ5-S adalah tipe aki 3.5 Ah bebas perawatan yang diproduksi oleh pabrikan YUASA, sedangkan GTZ-5S merupakan tipe aki 3.5 Ah bebas perawatan yang diproduksi oleh GS Astra dan kebanyakan pabrikan baterai lainnya.

Lantas manakah yang lebih bagus?

Semuanya sama-sama bagus dan memiliki kelemahan atau kekurangan. Lebih bagus lagi jika memiliki harga yang lebih terjangkau, jaminan garansi, dan layanan purna jual yang bagus. Jangan lupa tanyakan testimoni teman yang memakai aki dengan merk dan tipe tersebut.

Berapa harga aki GTZ-5S dan YTZ5-S?

Langsung cek di bawah ya.

List rekomendasi tempat pembelian aki


Punya pengalaman dengan aki tipe ini? Tulis di kolom komentar di bawah. Boleh request aki tipe serupa dengan merk lain juga.

Discussion (1)